Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – 10 orang putra/i terbaik asal Kecamatan Sarudik, yang lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2020, mendapatkan bantuan bea siswa kuliah sebesar Rp18 juta per tahun atau 1,5 juta per bulan dari Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bantuan biaya pendidikan selama 4-5 tahun (Sampai Tamat) itu diserahkan Bupati disela acara penutupan Turnamen Bola Voli Bupati Cup Kecamatan Sarudik Tahun 2020 di Lapangan Kantor Camat Sarudik, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sarudik, Senin (7/9).

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan perihal mengenai bantuan bea siswa kuliah tersebut. Dikatakan, program pemberian bantuan bea siswa kuliah di Tapteng telah diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) sejak 2019 lalu. Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tapteng dan diperuntukkan untuk putra/i terbaik Tapteng yang lulus di PTN serta berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu atau ekonomi lemah.

“Di 2019 itu, tercatat 20 orang putra/putri terbaik Tapteng berhasil mendapatkan bantuan tersebut. Masing-masing mereka mendapatkan Rp2 juta per bulan atau Rp24 juta per tahun selama (paling lama) 5 tahun,” kata Bupati.

Bupati melanjutkan, di 2020, program itu kembali dilanjutkan oleh Pemkab Tapteng, dengan jumlah penerima bertambah sebanyak 55 orang dari 20 orang di tahunn 2019 menjadi 75 orang. Menurutnya, hal itu sesuai hasil kesepakatan bersama antara Dinas Pendidikan (Disdik) dan DPRD Tapteng dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan kedua lembaga belum lama ini, karena melihat semakin banyaknya jumlah pendaftar dan putra/i terbaik Tapteng yang berhasil lulus di PTN.

“Tapi karena kondisi Pandemi COVID-19 dan ditambah dengan jumlah pendaftar yang semakin banyak tersebut, maka masing-masing penerima bantuan bea siswa kuliah di tahun 2020, hanya akan menerima Rp1,5 Juta per bulan atau Rp18 juta per tahun,” ucap Bupati.

Namun tukas Bupati, untuk mendapatkan bantuan bea siswa kuliah tersebut, tidak serta merta  dapat begitu saja, tapi ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap calon penerima. Dimana, calon penerima harus benar-benar berasal dari keluarga tidak mampu dan ekonomi lemah serta lulus PTN. Kemudian, orang tua calon penerima tidak berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta calon penerima tidak merokok dan menggunakan narkoba.

“Tim monitoring dari Disdik dan tim yang saya bentuk nantinya akan turun untuk menentukan layak atau tidaknya seseorang itu untuk menerima bantuan bea siswa tersebut,” tegas Bupati.

Ke-10 Penerima Bea Siswa KuliahTahun 2020 Asal Kecamatan Sarudik Tersebut, Antara Lain :

  1. Siti Nurhima Nasution warga Kelurahan Pondok Batu, lulus di Institut Pertanian Bogor (IPB), Jurusan Teknik Komputer
  2. Joel Aliando Hutabarat, warga Lingkungan III Kelurahan Sibuluan Nalambok, lulus di Politeknik Negeri (Polmed) Medan, Jurusan Akuntansi Keuangan
  3. Widya Anggraini Nainggolan, warga Lingkungan III Kelurahan Pondok Batu, lulus di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam
  4. Sri Lestari Sitohang, warga Lingkungan VII, Kelurahan Sarudik, lulus di Universitas Bengkulu, Jurusan Hukum
  5. Lenra Vonika Situmeang, warga Lingkungan VII Kelurahan Pasir Bidang, lulus di Universitas Bengkulu, Jurusan Peternakan
  6. Saktiawan Sipahutar, warga Batu Harimau, Kelurahan Sibuluan Indah, lulus di Universitas Negeri Medan, Jurusan Ilmu Keolahragaan
  7. Putri Nellita Simanjuntak, warga Lingkungan I Tano Ponggol, Kelurahan Sibuluan Nalambok, lulus di Universitas Sumatera Utara (USU), Jurusan Hukum
  8. Riki Mega Pratama Nduru, warga Lingkungan IV, Kelurahan Sarudik, lulus di USU, Jurusan Etnomusikologi
  9. Thessa Lonica Lumban Gaol, warga Lorong VIII, Kelurahan Pasir Bidang, lulus di USU, Jurusan Sastra Cina
  10. Johanna Nadya Tiar Hutagalung, warga Lingkungan I Tano Ponggol, Kelurahan Sibuluan Nalambok, lulus di USU, Jurusan Etnomusikologi,

Disamping memberikan bantuan bea siswa kuliah, Bupati juga memberikan bantuan Renovasi Rumah kepada salah seorang warga Kecamatan Sarudik, atas nama Siti Rahma, warga Lorong VIII, Lingkungan VI, Kelurahan Pasir Bidang.

Penyerahan bantuan dilaksanakan disela acara penutupan Turnamen Bola Voli Bupati Cup 2020 Kecamatan Sarudik yang digelar hari itu di Lapangan Kantor Camat Sarudik, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik. (Haposan Simbolon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *