Gunung Sitoli, seputartapanuli.com – Tiga alat berat “Excavator” diturunkan ke lokasi TMMD ke-110 Kodim 0213/Nias untuk mempercepat proyeksi pembukaan jalan sepanjang 6.000 meter (6 Km) dengan lebar 8 meter.

Hasilnya cukup mumpuni, hingga hari kesembilan lalu, jalan sudah terbuka lebih dari setengah dari target pengerjaan pembukaan jalan tersebut. Ditambah parit jalan sepanjang 3.000 meter (3 Km) dari target 12.000 meter.

Keberadaan ketiga alat berat itu, berdasarkan laporan tertulis yang disampaikan oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0213/Nias, Letkol (Inf) TP Lobuan Simbolon, selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-110 di wilayah Kodim 0213/Nias kepada Komandan Resort Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, Rabu (10/3).

Dalam laporan tertulisnya itu, Dandim Letkol Simbolon menuliskan bahwa dalam pekerjaan pembukaan jalan dari Desa Loloana’a Lolomoyo menuju Desa Gawu-Gawu Bouso dan dari Desa Loloana’a Lolomoyo menuju Dusun I, Desa Niko’o Tano Dao, Kecamatan Gunung Sitoli Utara, Kota Gunung Sitoli, menurunkan 3 unit excavator.

“Alat pelaksanaan (Alpal) yang digunakan, 3 unit Excavator dan cangkul,” tulis Letkol Simbolon.

Komandan SSK TMMD ke-110, Lettu (Inf) Faduhusi Zega mengatakan, alat berat ini diturunkan untuk membentuk badan jalan dan memotong bukit yang tinggi agar lebih landai.

Selain itu juga untuk menimbun lembah agar tidak membahayakan pengendara yang melintas serta, membuat parit (drainase) di bahu kanan dan kiri jalan.

“Hal ini kita lakukan agar pelaksanaan pekerjaan pembukaan jalan berjalan baik dan sesuai dengan perencanaan dan tepat waktu,” kata Lettu Zega, Jumat(10/3). (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *