Sibolga, SeputarTapanuli.com  – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan (Tapsel), kembali menyalurkan bantuan bagi percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 kepada pemerintah daerah (Pemda) wilayah sekitar operasi Tambang Emas Martabe seperti Tapsel, Kota Padangsidimpuan dan RS TNI AD Losung Batu Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut). Bantuan tersebut berupa Alat Pelinding Diri (APD) serta berbagai peralatan medis.

Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Senior Manager Community PTAR, Pramana Triwahjudi, kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Padangsidempuan dan Rumah Sakit (RS) TNI-AD Losung Batu Padangsidempuan, Rabu (13/5).

Bantuan kepada Pemkot Padangsidempuan tersebut diterima langsung oleh Wakil Wali Kota setempat, Arwin Siregar dan kepada RS TNI-AD Losung Batu diterima langsung oleh Direktur RS tersebut, Ucok Sagala. Sementara bantuan kepada Pemkab Tapsel disalurkan sehari sebelumnya, Selasa (12/5), dan diterima langsung oleh Bupati Tapsel, Syahrul Pasaribu, di Kantor Bupati Tapsel di Sipirok. Sedangkan bantuan untuk Kota Sibolga telah diterima oleh Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, pada pekan sebelumnya, yakni Senin (4/5).

Bantuan tahap kedua yang diberikan kepada Pemkot Padangsidempuan untuk kemudian nantinya didistribusikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah itu, berupa 50 box rapid test kit Covid-19, 30 set APD (Reusable), 15 unit baju Hazmat, lima unit thermometer infrared, empat galon alkohol 96 % kapasitas 20 liter, 95 box masker bedah, empat box handscoon, serta 500 paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sedangkan untuk RS TNI AD Padangsidimpuan, berupa 25 set APD (reusable), delapan unit hazmat, 10 unit thermometer infrared, 55 box masker bedah, lima unit backpack sprayer solo serta 34 pasang handscoon

Sementara untuk Tapsel, berupa 50 box rapid test kit Covid-19, 50 unit baju Hazmat, 10 galon Alkohol 96% kapasitas 20 liter per galon, 15 unit backpack sprayer, 200 unit masker bedah, 10 unit thermometer infrared dan Kota Sibolga berupa 25 box rapid test kit Covid-19, 50 unit baju Hazmat, 150 box masker bedah, 10 unit thermometer infrared serta 500 paket sembako untuk masyarakat terdampak.

Menurut Pramana, pemberian bantuan tahap kedua ini, merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial PTAR dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 di beberapa wilayah Kabupaten/ Kota sekitar operasi Tambang Emas Martabe. Diharapkan itu dapat membantu pelaksanaan kerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, para tenaga medis, serta masyarakat rentan yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Bantuan paket sembako juga diberikan kepada masyarakat jompo dan anak yatim di 15 Desa Lingkar Tambang Emas Martabe dengan total 1.698 paket, terdiri dari 1.358 paket sembako plus masker untuk jompo dan 340 paket santunan untuk anak yatim,” kata Pramana, dalam keterangan persnya, Rabu (13/5).

Sementara pada tahap pertama ungkap Pramana, PTAR memberikan bantuan alat-alat kesehatan yang sama juga yang dibutuhkan oleh daerah-daerah tersebut dalam upaya Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19. Bantuan langsung distribusikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sipirok, Tapsel, yang diserahterimakan pada 6 April 2020. Kemudian kepada RSUD Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng), pada 8 April 2020, serta bantuan alat-alat kesehatan serupa kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumut, pada 9 April 2020.

“Selain itu, bantuan perlengkapan pencegahan Covid-19 juga diberikan bagi wartawan yang bertugas di Tapsel, Tapteng dan Medan, melalui organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di masing-masing wilayah tersebut,” tukas Pramana.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Padangsidimpuan, Arwin Siregar, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PTAR karena telah memberikan dukungan dalam percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kota Padangsidempuan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada manajemen PTAR, semoga PTAR semakin sukses dan jaya dan dapat berbagi rezeki dengan masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) khususnya dan umumnya Indonesia,” kata Arwin.

Demikian, Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada PTAR selaku pengelola Tambang Emas Martabe atas kepeduliannya kepada masyarakat Kota Sibolga melalui Pemkot Sibolga.

“Memang dalam waktu dekat kami akan menyalurkan 10 ribu paket bantuan ke masyarakat yang terdampak Covid-19 dan tentunya tambahan bantuan dari PTAR ini akan menambah jumlah warga yang menerima bantuan,” katanya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *