Gunung Sitoli, seputartapanuli.com – Puluhan Personil pasukan tempur dari Bataliyon Infanteri (Yonif) 123/Rajawali (RW) Kota Padang Sidempuan dilaporkan bergeser dari markas mereka di Kota Padang Sidempuan ke pulau Nias untuk membantu pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0213/Nias.

Hal ini berdasarkan laporan tertulis yang disampaikan oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0213/Nias, Letkol (Inf) TP Lobuan Simbolon selaku Komandan Satuan Tugas (Satgas) TMMD di wilayah Kodim 0213/Nias kepada Komandan Resort Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, Rabu (10/3).

Dalam laporannya tersebut, Letkol Simbolon mengungkapkan, bahwa jumlahnya prajurit Yonif 123/RW yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-110 Kodim 0213/Nias tersebut sebanyak 97 orang.

“Selain Prajurit Yonif 123/RW dan parjurit dari Kodim 0213/Nias, kegiatan TMMD ke-110 di wilayah Kodim 0213/Nias juga melibatkan prajurit dari kesatuan lain, seperti Bataliyon Zeni Tempur (Yon Zipur), TNI AL dari Pangkaan Angkatan Laut (Lanal) Nias, Detasmen Zeni Bangunan (Den Zibang) dan dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah).

“Termasuk personil dari Kepolisian Resort (Polres) Nias ditambah masyarakat,” tulis Letkol Simbolon.

Program TMMD ke-110 Kodim 0213/Nias tersebut dipusatkan di wilayah Kecamatan Gunung Sitoli Utara (Alo’oa), Kota Gunung Sitoli, tepatnya di Desa Loloana’a Lolomoyo dan Desa Gawu-Gawu Bouso serta Desa Niko’o Tano Dao. Dengan sasaran pembukaan jalan baru sepanjang 6.000 meter (6 Km), pembuatan parit di sisi kanan dan kiri badan jalan sepanjang 12.000 meter (12 Km) serta jembatan.

Sasaran non fisik, meliputi penyuluhan kepada masyarakat tentang Bahaya COVID-19, Penyakit Tidak Menular, Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM, KB Kes, Hukum, Narkoba dan Kamtibmas, Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Bahaya Kebakaran Hutan, Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Sosial/Kemanusiaan,” beber Letkol Simbolon.

“Pembukaan jalan ini akan menjadi harapan baru bagi masyarakat setempat,” tukas Letkol Simbolon. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *