Sibolga, SeputarTapanuli.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), telah memiliki rancangan teknis bila sekolah di daerah itu kembali dibuka dimasa kehidupan kenormalan baru (new normal) mendatang. Jadwal belajar akan dipersingkat sehingga para siswa tidak perlu berlama-lama di sekolah.

“Itu merupakan teknik kita untuk internal (sekolah) dan eksternal (pendidikan luar sekolah) bila sekolah kembali dibuka dimasa new normal nanti,” kata Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, Kamis (11/6).

Syarfi dikesempatan ini belum bisa memastikan kapan sekolah di Kota Sibolga akan kembali dibuka karena mereka masih menunggu petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat melalui Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pusat.

Sekolah di Kota Sibolga sendiri sudah ditutup/diliburkan sejak 23 Maret 2020 lalu dan sudah dua kali diperpanjang hingga direncanakan akan dibuka kembali pada 15 Juli 2020 mendatang.

Tapi terlepas kapan sekolah di Kota Sibolga akan dibuka kembali, menurut Syarfi, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan rancangan teknis tersebut disetiap sekolah. Jumlah siswa dalam satu ruangan akan dibagi kedalam dua bagian dengan sistem bergilir. Jadwal pertama misalnya dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB dan jadwal kedua mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

“Dengan demikian para siswa tidak ramai berkumpul-kumpul dan juga tidak perlu berlama-lama berada di sekolah,” ujarnya.

Sementara lainnya sebut Syarfi, disetiap sekolah bakal disediakan sarana dan prasarana pendukung Protokoler Kesehatan COVID-19, seperti penyediaan sabun dan air pencuci tangan atau hand sanitizer.

“Di samping para siswa tetap memakai masker,” tukasnya.

Soal menyelenggarakan sistem pendidikan secara virtual dengan memanfaatkan tehnologi bilamana COVID-19 di Kota Sibolga secara khusus tidak aman, pria yang banyak meraih prestasi dan penghargaan ini memastikan jika Pemkot Sibolga belum mampu untuk itu.

“Kita akan kesulitan karena kita belum memiliki sarana dan prasarana pendukung tehnologi itu disetiap sekolah,” tukasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sibolga, Masnot, sebelumnya menyampaikan bahwa Disdik Sibolga akan menerapkan Protokoler Kesehatan COVID-19 di sekolah bilamana sekolah di Kota Sibolga kembali dibuka.

“Penerapannya akan dikoordinasikan bersama dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Sibolga, sebagai institusi yang lebih mengerti terhadap tata cara pelaksanaan Protokoler Kesehatan COVID-19,” katanya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *