Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Kinerja operator mendapatkan pengawasan penuh dari Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT), Sumatera Utara (Sumut). Hal itu demi mewujudkan jalan yang baik dan sesuai standar pembukaan jalan.

Sejak dicanangkan pembukaan jalan baru sepanjang 39 Km yang akan menghubungkan Desa Baringin dan Desa Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) lewat program TMMD ke-108 yang acara pembukaanya dilakukan pada Selasa (30/6) lalu, Serma N Harefa, selaku salah seorang Satgas Pengawas excavator setiap hari atau sejak mentari terbit sudah berada dilapangan untuk memberikan pengarahan kepada operator excavator yang akan turun kelapangan melakukan pekerjaan pembukaan jalan.

Sebagaimana Senin (6/7) pagi, dia (Serma N Harefa) sudah berada dilapangan bersiap memberikan pengarahan kepada petugas operator excavator. Saat memberikan pengarahan dan petunjuk kepada petugas operator, suara Serma N Harefa sesekali terdengar cukup keras dan sedikit cerewet.

“Alat berat excavator setiap hari bekerja sesuai sasaran dan arahan, maka itu, kami berikan arahan sebelum dan saat bekerja maupun usai bekerja,” kata Serma N Harefa ketika ditanya awak media usai memberikan arahan kepada operator excavator pembukaan jalan.

Menurutnya, pengawasan dan pengamanan itu perlu dilakukan secara ketat untuk menjaga kelancaran alat berat dalam bekerja. Sehingga tugas pembukaan jalan sesuai prosedur operasional.

“Saat bekerja, kami harus bersungguh-sungguh, sebab inti pembukaan jalan baru ini ada dipundak alat berat. Untuk itu, kerjanya harus maksimal dan baik sesuai harapan. Intinya itu, bersama operator kami serius waktu bekerja, namun santai dan bersenda gurau saat beristirahat bersama,” terangnya.

Serma N Harefa bukan lah satu-satunya Satgas pengawas kinerja alat berat pembukaan jalan di Desa Siantar Ca, Kecamatan Sosorgadong, Tapteng. Tapi dia secara bergiliran melakukan pengawasan kinerja operator dengan Serda P Simbolon, personil Babinsa Koramil 01/Barus yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT.

Petugas operator Excavator, Ari Untung,42, saat diajak bincang-bincang di waktu jam istrahat, tidak memungkiri bahwa setiap hari mereka selalu diberikan pengarahan oleh pengawas operator. Mereka senantiasa dituntut untuk bekerja serius dan tepat sasaran dalam mengoperasikan dan menjalankan excavator. Sehingga suara cukup keras dan cerewet kerap mereka dengarkan dari pengawas operator, salah satunya dari Serma N Harefa.

“Suara bapak itu (Serma N Harefa) memang cukup keras dan tegas waktu bekerja, namun usai bekerja, orangnya baik dan tidak segalak waktu kerja,” ucap Ari sambil tertawa.

Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, mengakui baik tidaknya hasil pembuatan jalan baru sepanjang 39 Km yang akan menghubungkan Desa Baringin dan Desa Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong berada ditangan operator alat berat dan pengawasannya. Oleh karena itu diharapkan pengawas dan operator alat berat bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Tugas dan tanggung jawab harus dilaksanakan sebaik mungkin. Itu adalah amanah dan harus dilakukan dengan ikhlas dan segenap kemampuan. Berikan karya terbaik, untuk dikenang masyarakat,” tukasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *