Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Rumah seorang Aparat Sipil Negara (ASN)/Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), yang tengah dalam proses pembangunan disatroni maling (Pencuri). Sejumlah bahan bangunan dan peralatan bangunan dari rumah itu pun hilang.

Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort (Polres) Tapteng, berhasil mengamankan terduga pelakunya seorang pria berinisial NBH alias B, 39, Pengangguran, warga Lingkungan III, Kelurahan Sarudik, Selasa (29/9) dini hari sekira pukul 01.00 WIB di Jalan Jetro Hutagalung. Dari tangannya, petugas mengamankan barang bukti berupa dua unit daun pintu dan engsel serta dua unit Angkong atau gerobak sorong/dorong jenis ARTCO serta peralatan bangunan lainnya.

Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto dalam keterangannya yang disampaikan Paur Humas, Ipda JS Sinurat menyebutkan, penangkapan NBH atas laporan pengaduan pemilik rumah Fatua Sonoso Telaumbanua, 43, ASN, warga Kelurahaan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga Jumat (18/9) sore atas kehilangan 2 lembar daun pintu dan engsel pintu serta dua unit gerobak sorong/dorong jenis ARTCO serta lainnya dari dalam lokasi bangunan rumahnya yang sedang dalam proses pembangunan di Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik.

“Pelaporan kehilangan itu bermula dari laporan tukang rumah korban Fatua, yakni Otomo Zega. Saat itu korban Fatua datang untuk mengantarkan makanan buat para tukang ke rumahnya yang sedang dibangun tersebut,” ungkap Sinurat, Rabu (30/9).

Tim Reskrim Polres Sibolga ketika memperlihatkan terduga pelaku NBH (Baju merah hitam) dan barang bukti bahan bangunan dan peralatan bangunan dari rumah korban Fatua Sonoso Telaumbanua, yang tengah dalam proses pembangunan di Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik, Tapteng, Selasa (29/9). (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Tapteng)

Usai melakuan penyelidikan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), tim Reskrim dibawah pimpinan Kasat Reskrim, AKP Sisworo, berhasil mengetahui ciri-ciri terduga pelaku. Ketika mengetahuinya sedang melintas di Jalan Jetro Hutagalung, Kelurahan Sarudik, Selasa 29/9) dini hari sekira pukul 01.00 WIB, tim Reskrim yang tidak ingin buruannya yang sudah dicari lebih kurang 11 hari lamanya itu lari, langsung bergerak cepat dan berhasil meringkusnya/mengamankannya.

“Terduga pelaku yang diketahui berinisial NBH alias B dan barang bukti curiannya pada pagi dini hari itu juga kemudian dibawa ke Mapolres Tapteng guna menjalani proses lebih lanjut,” tukas Sinurat.

Kepada petugas ungkap Sinurat, terduga pelaku NBH mengakui perbuatannya tersebut. Dia masuk melalui pintu belakang dengan cara merusak palang papan pintu belakang rumah dan mengambil sejumlah bahan bangunan berupa daun pintu dan gerobak sorong/dorong serta peralatan bangunan lainnya tersebut.

“Terduga pelaku NBH dalam hal ini, dipersangkakan pasal 363 ayat (2) subsider pasal 363 ayat (1) ke 3e dan 5e KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tukas Sinurat. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *