Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Kesibukan dan kesungguhan melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak menjadi penghalang bagi personil Satuan Tugas (Satgas) TMMD Ke-108 Kodim 0211/TT menjalin keakraban dengan masyarakat. Mereka selalu menyempatkan diri untuk menjalin komunikasi sosial (Komsos) dengan warga setempat, baik itu dihari Minggu atau dihari libur.

“Masyarakat disini sangat ramah dan baik. Logat bahasa kedaerahan masih kental, ciri khas Batak. Jelas dan apa adanya. Senang bisa akrab dengan warga disini,” sebut Koptu MI Pinayungan, salah seorang dari Satgas TMMD Ke-108, Kodim 0211/TT, Minggu (5/7).

Walau hanya sekedar ngobrol dan cerita lelucon serta pengalaman sewaktu bertugas, telah menambah keakraban TNI dengan warga Desa Siantar Ca, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Apalagi hari Libur seperti Minggu, menjadi momentum bagi Satgas TMMD untuk meningkatkan intesitas kebersamaan dengan warga sekitar.

“Di hari libur seperti ini (Minggu), warga disini mayoritas tidak bekerja, sehingga ada waktu luang cukup untuk meningkatkan banyak kedekatan dan kekompakan dengan mereka,” imbuh Kopda Pinanyungan.

Kepala Desa (Kades) Siantar Ca, Risman Tarihoran, mengaku salut dan bangga melihat kedekatan dan keakraban TNI dengan masyarakat. Menurutnya, masyarakat sangat senang dengan kehadiran Satgas TMMD ke Desa Siantar Ca.

“Masyarakat benar-benar senang,” tukasnya.

Sebelumnya, Komandan Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, menegaskan kegiatan Komsos merupakan salah satu bagian dari program TMMD. Hal itu sebagai upaya Satgas untuk mengetahui perkembangan situasi wilayah di sekitar lokasi pelaksanaan TMMD.

“Upaya ini juga akan lebih mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat dan Perangkat Desa. Rakyat adalah ibu kandung TNI. Jadi, tetap berikan yang terbaik buat rakyat,” ucapnya.

Dia mengakui melalui giat Komsos, TNI akan mengetahui segala keluhan di tengah-tengah masyarakat. Termasuk saran masyarakat dan perangkat desa untuk Satgas dalam upaya program membangun Desa.

“Komsos dengan warga, secara tidak langsung memberikan semangat kepada warga untuk selalu aktif dalam mendukung dan membantu selama pelaksanaan TMMD ke-108 Kodim 0211/TT,” pungkasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *