Sibolga, SeputarTapanuli.com – Komandan Resort Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, didampingi Kepala Seksi Teritorial Korem (Kasiter) 023/KS, Letkol (Inf) Edy Herianto, menerima silaturrahmi sekaligus audiensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kelompok Kerja (Pokja) Sibolga-Tapanuli Tengah (Tapteng) bertempat di Serambi kehormatan Markas Komando Korem (Makorem), Senin (27/7).

Orang nomor satu Korem 023/KS itu tampak begitu bersahaja, bersemangat, akrab dan bahkan terbuka dalam pertemuan dan bincang-bincangnya dengan para pengurus PWI Pokja Sibolga-Tapteng. Beberapa perbincangan mereka secara implisit tersirat terkait tugas dan fungsi pers/media dan hubungannya dewasa ini dengan persoalan COVID-19 dan ekonomi.

Dia pun sangat mengharapkan ditengah-tengah kondisi wabah COVID-19 sekarang ini, media/pers bisa memainkan peranan bagaimana mengurangi dampak ketakutan masyarakat terhadap COVID-19 sekarang ini bagi perekonomian tanpa mengesampingkan Protokol Kesehatan.

Berita-berita COVID-19 yang terbangun selama ini diakuinya telah cukup menimbulkan kekhawatiran ditengah-tengah masyarakat. Sementara dibalik itu banyak yang sembuh dan bahkan sembuh dengan sendirinya karena imunitas tubuhnya yang baik. Ditambah ada banyak penyakit lain yang lebih berbahaya dan mematikan dibanding COVID-19, salah satunya adalah demam berdarah (DBD).

“Hal-hal seperti ini lah kiranya perlu dibangun media, biar masyarakat bisa semakin tahu dan tidak terlalu khawatir dan takut. Walaupun sebenarnya, kita harus tetap mematuhi dan menjalankan Protokol Kesehatan COVID-19 serta rajin olah raga, karena obatnya juga kebetulan belum ada,” katanya.

Mantan Komandan Bataliyon (Danyonif) 700/Raider ini pun lantas mengaitkan perihal hal tersebut dengan sebuah filosofi informasi yang bila disampaikan tidak akurat atau tidak benar. Menurutnya, bila informasi yang tidak akurat dan tidak benar tersebut disampaikan secara terus menerus, maka informasi itu akan menjadi sebuah kebenaran. Hal seperti itu kata dia, tentu tidak jauh berbeda dengan informasi COVID-19, jika informasinya hanya difokuskan kepada hal-hal yang menakutkan dan tidak diimbangi dengan berita-berita baiknya.

“Maka sekaitan dengan hal itu, saya sangat berharap media dalam menyampaikan berita benar-benar berimbang atau cek and richek, sehingga berita yang sudah dilepas dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jangan karena mengejar rating, akurasi berita menjadi terabaikan,” tuturnya.

Karena aku mantan Asops Kasdam V/Brawijaya dan mantan Danmensis Secapa
AD ini, dampak berita yang tidak akurat atau belum terkonfirmasi sangat merugikan orang yang bersangkutan (orang yang diberitakan). Meskipun ada ralat atau hak jawab, tetapi opini masyarakat sudah terarah akan pemberitaan yang pertama.

“Untuk itu juga, saya meminta dalam pemberitaan mengenai Korem 023/KS agar benar-benar terkonfirmasi, karena saat ini eranya transparansi. Tidak ada lagi yang harus ditutup-tutupi. Hanya saja perlu akurasi atau konfirmasi agar benar-benar berimbang,” imbuhnya.

Dia pun mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahmi dan audiensi Pengurus PWI Pokja Sibolga-Tapteng ke Markas Komando Korem (Makorem). Diharapkan terjalin kerja sama kemitraan yang baik antara Korem dan Pers dalam penyajian dan penyuguhan berita atau informasi kepada masyarakat luas, terutama bagi kemajuan bangsa.

“Apalagi wilayah teritorial Korem 023/KS ini cukup luas, kita berharap dukungan pemberitaan dari media atas kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan. Memang Tuhan Maha Tahu, tetapi dunia harus diberitahu,” pungkasnya.

Ketua PWI Pokja Sibolga Tapteng, Sahat Jason Gultom, menyampaikan apresiasi kepada Danrem Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang karena telah berkenan menerima kunjungan silaturahmi dan audiensi Pengurus PWI Pokja Sibolga Tapteng. Sekaligus juga dia mengucapkan selamat datang kepada Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang karena baru diangkat dan dilantik sebagai Danrem 023/KS.

“Terima kasih Pak Danrem telah bersedia menerima kedatangan kami dan kami dari PWI siap untuk bekerja sama dengan Korem 023/KS,” kata Jason.

Selanjutnya Pengurus PWI Pokja Sibolga-Tapteng tersebut menyematkan ulos atau kain adat Batak kepada Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang. Pemberian dan penyematan ulos itu sebagai bentuk dukungan dan doa dari PWI Pokja Sibolga-Tapteng kepada Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang agar senantiasa dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Esa (TYME) dalam melaksanakan tugasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *