Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – TNI melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT) akan membuka jalan baru sepanjang 3,9 kilometer (Km) di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut). Jalan baru itu menghubungkan Desa Baringin dan Desa Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong.

Pembukaan jalan baru itu dicanangkan lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun Anggaran (TA) 2020. Pembukaan itu dilakukan langsung oleh Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, bertempat di ruang data Makodim 0211/TT, Selasa (30/6).

Dalam sambutannya, Bakhtiar berharap kerja sama antara TNI/Kodim 0211/TT dan Pemkab Tapteng tetap dipertahankan. Dia juga berharap anggaran program TMMD bisa ditampung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada 2021 mendatang.

“Kita juga berharap, pada 2022, ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Pasaribu Tobing dengan Kecamatan Sosorgadong dapat dihotmix,” katanya.

Dia mengaku telah meninjau pembangunan jalan di Kecamatan Pasaribu Tobing menuju Kecamatan Sosorgadong tersebut. Pihaknya menargetkan 2022 seluruh jalan itu sudah tersambung dan diaspal hotmix.

“Otomatis hasil panen masyarakat nantinya dari daerah itu sudah bisa lancar dan tidak lagi tertahan dan dibawa berhari-hari, apalagi kalau hujan turun. Jadi aksesnya sudah bisa cepat,” ujarnya.

Sebelum menyampaikan sambutan, Bakhtiar terlebih dahulu menandatangani berita acara serah terima Program TMMD ke-108 TA 2020 bersama dengan Dandim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapteng. Selanjutnya Bakhtiar menyerahkan berita acara tersebut kepada Dandim 0211/TT, selaku Dansatgas.

Dalam laporannya, Dandim Letkol Dadang menyebutkan bahwa tujuan TMMD ini adalah sebagai wujud kepedulian Kodim 0211/TT untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sasaran fisik dan non fisik maupun membantu percepatan pembangunan daerah.

“Serta terwujudnya sasaran-sasaran Binter guna memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Kodim 0211/TT untuk didayagunakan bagi kepentingan pertahanan negara aspek darat,” katanya.

Sasaran fisik TMMD ke-108 tersebut meliputi peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah terisolir melalui pembukaan jalan yang menghubungkan Desa Baringin menuju Desa Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong sepanjang 3,900 meter dengan lebar 8 meter dan rehabilitasi jalan sepanjang 1.650 meter dengan lebar 8 meter serta pembuatan jembatan sementara sebanyak tujuh unit.

“Sasaran non fisik berupa sosialisasi bahaya wabah COVID-19 dalam sendi kehidupan masyarakat luas dan sosialisasi serta edukasi peningkatan disiplin masyarakat dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB) hidup di tengah wabah COVID-19,” pungkas Dadang.

Turut hadir pada acara itu, Komandan Komando Resort (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS) yang diwakili Mayor (Inf) H Gultom, Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Kajari Sibolga, Hendri Nainggolan, Dansatrad 234, Letkol (Lek) Damardita Hiranda, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga dan lainnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *